Minggu, 14 Agustus 2011

itikaf tadabur alqur'an dilihat dari sisi numerik???apa itu???

kemarin sabtu,12 Agustus 2011..ada bukber di MUTIS...
biasalah, dibukber pasti ada tauziahnya menjelang maghrib..
dan isinya subhanallah dech bagi ku...hehehehe

isinya tantang :

Apa itu Itikaf???

Itikaf adalah mengurung diri di satu tempat. Mengurung diri disini,benar2 mengurung diri,cuma melakukan ibadah dan mencari ampunan dan pahala Allah semata tidak diselingi dengan ngobrol or ngerumpi. =P

kapan sich itikaf dilasanakan???

Rasulullah melakukan itikaf di bulan ramadhan yaitu pada 10 malam terakhir.
dalam itikafnya (kata ustadz), rosulullah itu gak pernah keluar dari masjid bahkan menyisir rambutpun cuma kepalanya aja yang keluar jendela.

jadi itikaf yang rosulullah contoh adaah 10 malam terakhir dan kontinue bukan cuma malam-malam ganjilnya doank...(salah dech aku selama ini =P)

Apa sich yang dilakukan saat itikaf ???
  • muhasabah diri ===> merenungi dan berfikir selama hidup sampai saat ini, apa saja dosa-dosa yang kita lakukan dan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan. dan direnungi kira-kira antara dosa dan kebaikan mana yang merasa paling banyak.
  • tadabur Al-Qur'an, taadabur A-lQur'an itu ada 3 cara :
    • tadabur dari sisi bahasa dalam alqur'an (yaitu bahas arab )
    • tadabur dari sisi makna setiap ayat dalam alqur'an
    • dan yang baru baru ini ditemukan adalah tadabur dari sisi numerik.dan ini menarik sekali untuk aku.ternyata jumlah huruf setiap ayat dalam alqur'an adalah kelipatan 7.dari surat pertama sampai surat terakhir loh.dan itu kita buktikan secara brsama-sama.subhanallah. Dan satu lagi fakta yang ditemukan bilangan biner ternyata sudah digunakan dalam alqur'an.dan inipun kita buktikan secara-bersama-sama.subhanallah.
 Hukum itikaf untuk wanita

untuk wanita yang masih single (like me...T_T), jika ingin beritikaf yang pertama harus dipegang adalah iZin dari orangtua
kalau orangtua mengizinkan maka itikafnya sah dan mendapat pahala.

Sedangkan untuk wanita yang sudah bersuami,izin yang harus didapat adalah izin suami.

Jika tidak diizinkan suami ada 2 pendapat :
  • menurut imam safi'i, wanita yang bersuami lalu melakukan itikaf sedangkan dia tidak mendapatkan izin dari suaminya maka itikaf yang dilakukannya sah tapi berdosa.
  • sedangkan menurut imam maliki, wanita bersuami melakukan itikaf dan dia tidak mendapatkan izin dari suaminya maka itikafnya tidak sah dan juga berdosa.
Yang membatalkan itikaf :
  • melakukan hubungan suami istri
  • bercumbu 
  • pingsan
  • gila
  • dan keluar dari masjid untuk hal-hal yang gak penting

so, sekarang ini kan sudah ramadhan ke-14 jadi siapkan dirimu untuk melakukan itikaf.
Dalam beritikaf hindari kegiatan-kegiatan yang gak penting. seperti mengobrol dengan teman, atau keluar dari masjid melakukan sesuatu yang gak penting.
Bulan Ramadhan adalah bulan bonus yang diberikan Allah untuk umatnya, bulan dimana semua kebaikan akan mendapat pahala yang dilipat gandakan.jadi berlomba-lombalah mengisi bulan ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat. Serta perbanyaklah doa kepada Allah setiap waktu.supaya diaminkan oleh malaikat yang ada di bumi yang jumlahnya tuh melebihi jumlah batu kerikil di dunia.
semoga kita merupakan orang yang beruntung.... =D

0 komentar:

Posting Komentar