Sabtu, 19 November 2016

Young Explorer.... It's me

YE 2017

YE atau young explorer adalah sebuah program di #smpalam Sekolah Alam Indonesia yang merupakan program besar di kelas 7.

YE merupakan perwujudan mimpi-mimpi dari siswa-siswi kelas 7. Dimana murid2 kelas 7 yang menentukan destinasi, membuat itenerary sendiri, menghitung rincian anggran yang dibutuhkan dan juga mencari dana untuk mencapai jumlah dari total anggaran yang sudah dihitung.

Tema YE kali ini adalah Masuknya Islam di Indonesia.

Sebelum tercetus satu tempat yang menjadi destinasi YE, mereka sudah diberi pembekalan mengenai bagaimana menentukan sebuah destinasi dan mnghubungkan dengan pembelajaran di kelas, mereka juga mendapat bekal apa itu fundraising dan seperti apa fundrasing itu, selain itu juga mereka diberi bekal bagaimana cara berkomunikasi meyakinkan orang lain. Dan juga bekal cara membuat sebuah rencana anggaran.

Setelah mendapat pembekalan atau "amunisi" yang dibutuhkan, siswa kelas 7 dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok berdiskusi tentang destinasi YE yang sesuai tema, membuat rincian biaya,membuat rundown acara, membuat slide presentasi untuk meyakinkan teman2nya selain kelompoknya tentang mimpi kelompoknya.

Dari diskusi tersebut tercetuslah usulan 6 destinasi YE, yaitu Mataram, explore jawa, aceh, ternate-tidore,buton-wakatobi dan explore Jambi. Setelah itu mereka melakukan Voting terpilihnya 3 terbesar yaitu buton-wakatobi, Aceh dan Jambi. Dari 3 terbesar ini akhirnya dimusyawarahkan oleh siswa kelas 7, untuk menentukan 1 Destinasi tempat yang menjadi tujuan YE 2017. Melalui argumentasi yang alot dan "perang"pendapat diantara pendukung destinasi tersebut akhirnya disepakati dalam rapat tersebut bahwa kelas 7 sekolah alam Indonesia memilih ACEH sebagai tujuan destinasi Young Explorer 2017.

Apakah sudah selesai?

Tugas siswa SL7 belum selesai begitu saja. Karena Mereka harus meyakinkan orang tua mereka tentang mimpi mereka. Akhirnya disepakati bahwa tgl 10 Sept 2016 mereka siap presentasi didepan seluruh orang tua kelas 7 untuk menyampaikan mimpi mereka dan meyakinkan seluruh orang tua tersebut sehingga mendukung dan mengizinkan untuk mewujudkan mimpi ke Aceh.

Persiapan yang dilakukan sebelum tgl 10 itu adalah pembagian tugas sesuai kemampuannya. Ada kelompok yang bertugas membuat rincian dana yang real, ada jg kelompok yang bertugas rundown acara, ada juga kelompok yang bertugas pembuatan Slide, ada kelompok presentasi dan ada kelompok yang mendetailkan dan melist fundraising apa saja yang bisa kita lakukan.

Hasilnya terhitunglah dana yang dibutuhkan ke Aceh sebesar 160 juta. Dan mereka merinci dana itu akan didapat dengan cara banyak banget yang dilist mereka. Mereka jga sedang dalam proses pembuatan time line fundraising. Mereka juga membuat kesepakatan diantara mereka jika dalam bulan desember dana yang terkumpul kurang dari 100 juta, maka mereka siap mengganti mimpi mereka dengan mengubah destinasi sesuai dana yang telah dikumpulkan. Tapi yang hebat adalah mereka optimis bahwa dana itu bisa terkumpul.

Salah satu fundraising yang mereka rencanakan adalah jualan. Dan alhamdulillah sampai saat ini dana yang terkumpul lebih dari 2 juta.

Mereka semua Hebat. Ini terbukti saat presentasi tadi siang sampai sore. Mereka sudah datang pagi hari untuk berjualan dan hasil keuntungan dari jualan hari ini itu lebih dari 1 juta. Siangnya mereka bersama-sama meyakinkan orangtua tentang pilihan mimpi mereka ke Aceh.

Saya sangat amat belajar dengan mereka.

Ya Allah jadikan mimpi mereka menjadi kenyataan. Dan jadikan anak-anak muridku menjadi siswa-siswa yang sholih dan sholihah..

Terus zzmangat SL 7 Lumière... semoga Allah selalu meridhoi semua usaha kalian..

0 komentar:

Posting Komentar