Minggu, 21 Oktober 2012

SUAMI IDEAL

Islam adalah agama yang fitrah dan sempurna.Didalamnya menggariskan beberapa hal pokok yang perlu kita ketahui sebagai kriteria memilih pasangan yang ideal.
Kebanyakan waniti / pria memilih pasangan berdasarkan kataPRIBADI alias mobil pribadi, rumah pribadi,harta pribadi... apakah itu yang disebut syarat ideal seorang pasangan???

Tentu tidak jawwabannya. karena harta yang banyak dan tidak berkah tidak menjamin kebahagiaan dunia dan akhirat.

Terus syarat apa untuk mencari suami ideal yang benar-benar ideal??

Berikut uraiannya :

pertama, calon suami ideal adalah seorang lelaki mesti memiliki agama yang baik
Ini merupakan faktor utama dan penting.  Dengan agama yang baik, pastilah lelaki ini akan mengutamakan kesucian, kemuliaan akhlak dan nilai-nilai luhur dalam melakukan segala sesuatu.

Dasar ini juga dikemukakan oleh Rasulullah SAW :
"apa bila datang meminang kepadamu seorang lelaki yang kamu telah rela terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah putrimu dengannya. Bila tidak kamu nikahkan, mka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang meluas dimuka bumi" (HR Tirmidzi dan Hakim dari Abi Hurairah)

Hasan bin Ali mengemukakan :
"suatu ketika datang seseorang yang datang menghadap Hasan bin Ali, seraya berkata : Ya Hasan, putriku akan dipinang. Kepada siapakah aku harus menikahinya?
Jawab Hasan bin Ali, Nikahkanlah putrimu dengan orang yang bertakwa. Sebab bila ia mencintainya, pasti akan menghormati dan memuliakannya. Dan bila ia tidak mencintainya, pasti tidak akan menzoliminya"

Sudahkah kita memperbaiki agama kita? ketaatan kita?
Hanya diri kita yan bisa menjawabnya.

Kedua, calon suami ideal adalah lelaki yang beriman
Rosulullah SAW menegaskan :  
"Barang siapa yan menikahkan puttrinya dengan lelaki fasik, berarti dia telah memutuskan tali persaudaraan. "

Ketiga, calon suami ideal mestilah seorang lelaki yang jujur

Keempat, lelaki calon suami ideal adalah mestilah seorang muslim
Dalam hal ini Allah telah menetapkan aturannya :
bila kamu telah mengetahui bahwa mereka benar-benar beriman, maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada suami-suami mereka yang kafir. Mereka tidak halal bagi orang-orang kafir itu, dan orang-orang kafir itu tidak halal pula bagi mereka. " ( QS Al-Mumtahanah:10)

Kelima, calon suami ideal adalah seorang lelaki yang bertanggung jawab
 Jika seorang lelaki memiliki rasa tanggung jawab, dia akan berusaha untuk membahagiakan keluarganya. baik dalam jasmaniah maupun rohaniah, dengan cara-cara Halal dan diridhoi Allah tentunya.

So, untuk para bidadari yan merindukan surga, berlomba-lombalah untuk memperbaiki diri,karena Allah mengatakan : wanita baik-baik untuk laki-laki baik-baik...

Senyum Semangat  =)

0 komentar:

Posting Komentar